23 August 2009

Bendungan Hoover pecah? Bagaimana Akibatnya



Bendungan Hoover merupakan salah satu keajaiban dunia modern yang tidak dapat diuraikan dengan kata-kata. Jika kamu berdiri di dekatnya, ukurannya luar biasa. Ketinggiannya 700 kaki (bayangkan bangunan bertingkat 70), dan puncak bendungan lebih dari 1.200 kaki. Dasar bendungan luar biasa tebal, yaitu 660 kaki dan tebal puncak 45 kaki. Kedalaman air di sisi danau sekitar lebih dari 500 kaki dan menampung 10 triliun galon air yang cukup untuk menggenangi kota Connecticut sedalam 10 kaki.

Apabila bendungan Hoover jabol, sulit membayangkannya kekuatan apa yang mampu menjebol dilihat dari ketebalan dindinnya. Tidak ada bom biasa yang mampu menjebol sebuah bendungan sebesar itu.sulit membayangkan kekuatan tersebut, bahkan bom nuklir sekalipun. Kecuali, bom nuklir yang berkukatan tinggi meledak di dalam bendungan. Akan tetapi, katakanlah sebuah gempa bumi yang luar biasa dahsyatnya, sebuah asteroid, atau bencana alam lainnya merupakan contaoh bagaimana meruntuhkan bendungan Hoover dalam sekejap. Apabila bendungan Hoover betul-betul jabol, apa yang mungkin akan terjadi? Peristiwa pertama yang akan terjadi adalah 10 triliun galon air akan mengalir sangat deras seperti muntahan air danau dan aliran sungai seperti saat terjadi badai tsunami yang dahsyat.

Bendungan Hoover terletak di wilayah gurun. Penduduk yang tinggal di bawahnya tidak padat, tetapi masih cukup banyak. Kota Danau Havasu, dengan populasi penduduk 40.000 jiwa, adalah kota terbesar di sepanjang sungai. Kota Bullhead dengan populasi 30.000 jiwa berada di dekat bendungan, sedangkan kota Needless, California; Blythe, California; dan Laughlin, Nevada masing-masing berpenduduk sekitar 10.000 jiwa.

Air yang akan menimbulkan kerusakan besar adalah air danau yang berada di bawah bendungan Hoover. Danau lain di bawah bendunga Hoover adalah danau besar yang diseebut Lake Mohave, dengan Bendungan Davisnya, dan dibawahnya terdapat Danau Havasu dengan Bendungan Parker. Keduanya adalah danau dan bendungan yang lebih kecil. Sebagai contoh danau Havasu hanya menampung 200 miliar galon air.

Ketika air yang dimuntahkan bendungan Hoover mengalir dengan deras melalui kedua danau itu, air akan menghancurkan kedua danau dan kedua bendungan itu. Pada saat itu muncul akibat baru yang menimpa penduduk kerena danau-danau ini merupakan kebutuhan hidup sebagian besar orang. Air bendungan itu digunakan untuk energi hydroelectric (listrik tenaga air), irigasi, dan air minum untuk kota-kota seperti Los Angles, La Vegas, Phoenix, dan San Diego.

Bendungan Hoover menghasilkan kekuatan listrik sebesar (perkiraan kasar) 2.000 megawatt. Bendungan Davis dan Parker menghasilkan lebih sedikit tenaga listrik, tetapi keduanya jika digabungkan menghasilkan listrik 3.000 megawatt. Listrik sebesar itu memenuhi 0,5% kebutuhan listrik total penduduk Amerika Serikat. Apabila kamu mengurangi pasokan listriknya, khususnya di wilayah kota (dekat Los Angles dan Las Vegas), tentu saja akan menimbulkan masalah sangat besar.

Perusahaan penyidai air irigasi juga akan terpengaruh. Sebagian besar para petani di perbukitan Imperial mendapatkan air dari Sungai Colorado. Apabila bendungan Hoover runtuh, system irigasinya akan terhenti. Perbukitan Imperial ini mengandalkan irigasi dari Sungai Colorado karena perbukitan Imperial dahulu adalah gurun yang tandus. Sekarang ini, di perbukitan Imperial terdapat jutaan hektar tanah pertanian dan mampu memproduksi labih dari satu miliar dolar dari buah-buahan dan sayur-sayuran setiap tahun.

Akibat lain jika bendungan jebol, adalah kehilangan sumber air minum. Misalnya, kota Las Vegas memenuhi 85% air minum dari Danau Mead (sebuah danau di hulu bandungan Hoover). Dengan hilangnya air dan hilangnya listrik, Las Vegas akan menjadi tidak berpenghuni, membuat 1,5 juta penduduk menjadi pengangguran, dan lebih dari 120.000 kamar hotel akan kosong, demikian juga rumah judi di kota ini akan terhenti. Oleh karena itu, pertanyaan di atas bukankah seperti sebuah iklan yang luar biasa! Berapa banyak yang bergantungpada satu bendungan itu.

Sumber : omega24.co.cc

Share/Bookmark
;

0 komentar:

Post a Comment

Archive

WORLD RANKING


Search Engine Optimization and SEO Tools

Followers

 

Make Money With Internet. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com