26 August 2009

Di Sayangi Penduduk Muslim


Paris - Siapa pecinta sepak bola yang tidak mengenal nama yang satu ini? jika memang benar, dia bukanlah pecinta sepak bola sejati. Zinedine Yazid Zidane, atau yang dikenal dengan sebutan Zizou.
 Legenda Prancis ini juga memeluk agama Islam, agama yang diturunkan dari orang tuanya yang berasal dari imigran Aljazair. Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, 4 April 2004 silam, Zidane sempat menyebut dirinya sebagai ‘unpractising Muslim’.

Namun Zidane telah membuat nama Islam dikenal di seluruh pentas sepak bola dunia. Lahir di Marseille, 23 Juni 1972, Zidane pernah bermain untuk beberapa klub di Prancis, Italia dan terakhir di Spanyol. Zidane juga pernah menjadi pemain tim nasional Prancis.

Karier terbesanya ketika membawa Prancis menuai gelar juara dunia tahun 1998 dan gelar EURO 2000, dan bersama klub terakhirnya, Real Madrid, Zidane meraih gelar Liga Champions 2002.

Orang tua Zidane, pindah dari desa kecil Aguemone di daerah Kabulie, Aljaziar menuju ke Prancis, 1953, dan mulai beradaptasi di Paris sebelum pindah ke Marseille beberapa tahun kemudian.

Zidane bertemu dengan istrinya, Veronique, ketika bermain untuk Cannes tahun 1988-1989, keduanya memiliki empat anak, Enzo, Luca, Theo (Luca dan Theo merupakan pemain Real Madrid Infantil B) dan Elyaz.

Dikenal memiliki kemampuan tehnik yang tinggi, Zidane mendapat sambutan luar biasa ketika berkunjung ke negara-negara Muslim, termasuk ke Indonesia tahun lalu. Zidane hingga kini berjuang membela hak asasi menjalankan agama masing-masing individual dan memerangi rasialisme.

Yang paling dikenal mengenai Zidane, adalah tandukan mautnya ke dada bek Italia Marco Materazzi di Piala Dunia 2006 karena bek Inter ini disinyalir mengeluarkan kata-kata rasialis yang menghujat ibu dan adik Zidane.

Share/Bookmark
;

0 komentar:

Post a Comment

Archive

WORLD RANKING


Search Engine Optimization and SEO Tools

Followers

 

Make Money With Internet. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com